Kementrian Agama melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat telah menerbitkan edaran mengenai pernikahan di era new normal per 10 Juni 2020. Hal ini menjadi berita baik bagi pasangan yang tengah merencanakan pernikahan. Menurut informasi dari KUA Sooko, Mojokerto, dilansir dari Jawapos Mojokerto, pendaftaran nikah sampai pada pekan ketiga Juni 2020 sudah mencapai 96 calon pengantin (catin) semenjak layanan nikah dibuka. Animonya mulai melonjak. Namun, biar bagaimana pun, pelaksanaan pernikahan tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19. 

Nah, wahai para catin, meskipun penuh keterbatasan, tapi pernikahanmu di era new normal ini tetap bisa dibuat berkesan, loh. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi bahan perhatian dan inspirasi untuk menggelar pernikahan di musim pandemi Covid-19 ini. Tapi, ini hanya disarankan untuk wilayah yang status penyebaran Covidnya masih biru atau hijau saja, ya 😊.

Pakai Masker


Pastikan pengantin, keluarga pengantin dan tamu undangan mengenakan masker. Meskipun pada akhirnya masker harus dibuka saat menyantap hidangan yang disajikan, tapi minimal masker mampu meminimalisir penyebaran virus.

Jangan khawatir ya, Catin. Kamu tetap bisa tampil menawan, kok, meskipun bermasker. Sebab, saat ini sudah mulai banyak masker couple yang pastinya kece dan serasi dengan baju pengantin yang dikenakan.

Fasilitas Cuci Tangan

Tetap sediakan fasilitas untuk mencuci tangan. Pastikan terdapat lebih dari satu kran air sehingga tidak terjadi antrean panjang. Jangan lupa sediakan sabun, tisu, dan kotak sampah. Cairan antiseptik pencuci tangan juga disarankan untuk disediakan. Nah, semua fasilitas ini bisa dikemas dengan cantik sehingga tetap terkesan istimewa khas sebuah resepsi pernikahan.

Undangan Digital

Untuk meminimalisir penularan Covid-19, undangan digital juga bisa menjadi pilihan cerdas untuk digunakan. Buat desain yang artistik dan elegan agar nuansa pernikahan tetap terasa berkesan. Jika tidak dapat mendesain sendiri, bisa gunakan jasa desain undangan digital yang kini sudah mulai banyak bermunculan.

Angpao Non-Tunai dan Kado Online

Nah, biasanya, tamu undangan akan selalu membawa hadiah untuk pengantin. Hadiah tersebut bisa berupa barang (kado) maupun uang (angpao). Tapi, untuk menyesuaikan dengan protokol pencegahan Covid-19, tamu undangan dapat diarahkan untuk memberikan kado secara tidak langsung. Fasilitas mobile banking dan QR Code bisa digunakan untuk mentransfer angpao kepada pengantin. Pengantin dapat mencantumkan QR Code rekening mereka dalam undangan digital atau di lokasi resepsi sebagai pengganti kotak angpao. Sedangkan untuk kado, kita bisa membeli barang secara online melalui market place atau online shop yang kita sukai. Lalu, dikirim secara dropshipper atau atas nama kita sehingga kesan "kado" tetap terasa.

Konsep Microwedding

Microwedding atau pernikahan berskala kecil kini tengah menjadi tren di kalangan industri pernikahan. Konsep microwedding adalah sebuah pernikahan yang terkesan intim karena hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat terdekat saja. Tentu hal ini akan mencegah interaksi dengan banyak orang sehingga dapat mencegah penularan Covid.


Konsep Drive Thru Wedding


Seperti yang pernah diunggah oleh akun Facebook Dinas Bridal pada Maret 2020 lalu, Ikin dan Mon menggelar pesta pernikahan dengan konsep drive-thru. Pelaminan dibuat dalam konsep outdoor dengan kotak angpao yang diletakkan di posisi yang akan dilewati mobil sebelum melewati pengantin. Tamu tidak turun dari mobil. Lalu, mengarahkan mobil kepelaminan, memasukkan angpao, kemudian menyalami pengantin dengan cara meletakkan tangan di dada. Setelah itu, makanan yang telah dikemas akan diberikan tanpa harus turun dari mobil.




Adaptasi Konsep Drive Thru Wedding

Jika mayoritas tamu tidak akan hadir dengan mobil, konsep drive thru wedding dapat diadaptasi. Yang penting, para tamu undangan diarahkan untuk tidak menyalami pengantin secara langsung di pelaminan. Tamu undangan dapat mengucapkan selamat kepada kedua mempelai dengan cara menangkupkan kedua tangan dari bawah pelaminan atau dengan jarak yang disarankan sesuai protokol pencegahan Covid-19.

Konsep Foto Tema Unik

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan saat pernikahan adalah berfoto. Selain sebagai kenang-kenangan, foto juga bisa menjadi bahan bercerita kepada anak cucu. Foto pernikahan di masa new normal bisa dibuat seunik mungkin sehingga membuat pernikahan pun menjadi semakin berkesan. Tema yang bisa digunakan antara lain social distancing dan melawan pandemi seperti yang mulai viral akhir-akhir ini.




Nah, pokoknya, jika ingin tetap menggelar resepsi pernikahan di masa pandemi ini, pastikan segala prosedur pencegahan covid-19 terpenuhi. Dengan berbagai kreatifitas, pernikahanmu akan tetap memorable, kok.


Sumber gambar : Google